Musi Rawas

Selasa, 08 Januari 2008

Musi Rawas Jadi Agropolitan

JAKARTA, (PR).-

Komisi IV DPR yang membidangi masalah Pertanian, Kehutanan, Kelautan, dan Perikanan, mendukung Kab. Musi Rawas Provinsi Sumsel, menjadi daerah agropolitan. Hal itu perlu dukungan dari berbagai pihak, baik pusat maupun daerah.

Dukungan itu mengemuka saat audiensi Komisi IV dengan Bupati Musi Rawas Ridwan Mukti, dipimpin Wakil Ketua Komisi IV Mindo Sianipar (FPDIP), di ruang rapat Komisi IV, Gedung Nusantara DPR, Rabu (27/9).

DPR menilai, kondisi Musi Rawas memang perlu dukungan dalam rangka pengembangan agropolitan. Wakil Ketua Komisi IV Hilman Indra (F-BPD) mengatakan, mata pencaharian masyarakat lebih 80% berasal dari sektor pertanian. "Ini menjadi catatan kita," ujar Hilman Indra. Simpul pertanian di Kab. Musi Rawas mempunyai potensi sangat baik, dalam mengembangkan daerah itu menjadi agropolitan.

"Lahan pertanian irigasi dan tadah hujan potensial sekali," katanya. Di Musi Rawas juga terdapat kolam ikan air deras. Hilman Indra menilai, dukungan tidak terbatas pada pembiayaan APBD kabupaten maupun provinsi. "Perlu dukungan dari tiga Kementrian yaitu Pertanian, Kehutanan dan Per-ikanan," ujarnya.

Hal senada dikatakan Sarjan Tahir (F-PD) yang menilai, usaha Kab. Musi Rawas menjadi wilayah argopolitan harus mendapat dukungan dari Komisi IV DPR. "Saya kira secara objektif Komisi IV akan memberikan penghargaan sama, untuk mendukung percepatan kawasan agropolitan," katanya.

Sementara itu, Bupati Musi Rawas Ridwan Mukti menilai, konsep agropolitan dapat mengentaskan kemiskinan dan pengangguran di daerahnya. "Konsep ini diharapkan mampu menyelesaikan persoalan mendasar di Kab. Musi Rawas," katanya.

Ridwan Mukti menjelaskan, wilayahnya telah siap menjadi wilayah agropolitan. "Kab. Musi Rawas juga telah menunjukkan keseriusannya atas program ini," ujarnya. Konsep agropolitan telah dituangkan dalam konsep pembangunan jangka menengah Kab. Musi Rawas dalam bentuk peraturan daerah.

SUMBER : WWW.PIKIRAN-RAKYAT.COM

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda