Musi Rawas

Kamis, 31 Januari 2008

Tiba di Asrama Haji, Jemaah Mura Meninggal





PALEMBANG - Suasana Asrama Haji Palembang, kemarin, terlihat berbeda dibandingkan dengan hari biasanya. Petugas medis dan PPIH mondar-mandir di sekitar area asrama. Kesibukan ini lantaran jemaah haji kloter 21 debarkasi Palembang yang baru tiba di Asrama Haji atas nama Hj Rumiyanah binti Nanguning (56), warga Pelita Jaya, Kecamatan Muara Lakitan, Musi Rawas meninggal dunia.
Hj Rumiyanah meninggal sekitar pukul 16.00 WIB, sekitar 15 menit setelah turun dari pesawat. "Kepergian almarhumah terkesan begitu mendadak. Begitu turun dari tangga pesawat almarhumah merasakan kondisi tubuhnya sangat tidak enak. Kejadian ini bukan hanya membuat shock keluarga, tapi seluruh petugas," ungkap Sekretaris PPIH Debarkasi Palembang, Drs HM Zakaria A Rachman MpdI, kemarin.
Almarhumah dari bandara dibawa ke Balai Kesehatan Haji Debarkasi Palembang menggunakan ambulans. "Waktu hendak dibaringkan oleh petugas kesehatan, almarhumah hanya mengeluhkan kondisi badannya yang katanya agak meriang. Setelah itu langsung meninggal," ujar Zakaria.
Keluarga Rumiyanah yang sebelumnya telah mendampingi almarhumah begitu dibawa ke balai kesehatan berteriak histeris. Bahkan, beberapa di antaranya ada yang sempat pingsan akibat tak kuasa menerima kenyataan pahit itu.
"Yang lebih mengagetkan rupanya dari pihak Pemkab Musi Rawas telah menyiapkan satu unit mobil ambulans. Mungkin saja ini kebetulan," ujar Zakaria lagi.
Zakaria kepada pihak keluarga mengatakan, almarhumah akan mendapatkan asuransi haji dari Bumi Putera sebesar Rp20 juta. "Asuransi itu bakal diberikan kepada setiap jemaah haji yang wafat dalam kondisi sakit, baik itu di tanah suci ataupun saat di Tanah Air seperti almarhumah Hj Rumiyanah," tukasnya. Sekitar pukul 16.15 WIB jasad almarhumah dengan menggunakan mobil ambulans dari Pemkab Mura langsung dibawa ke daerah asalnya.
Sementara itu, dari tanah suci dilaporkan bahwa jemaah haji kloter 23 Palembang sekitar pukul 16.00 WAS kemarin bertolak dari Madinah Al-Munawwaroh ke Jeddah dengan menggunakan bus. Sebelumnya, jemaah menyempatkan diri untuk melaksanakan salat Jumat terakhir di Masjid Nabawi.
Kontributor haji Sumatera Ekspres di Medinah, H Ferry Munandar, yang tergabung dalam kloter terakhir, itu mengatakan, mereka bakal bertolak dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah menuju Bandara Internasional SMB II Palembang pada Minggu (20/1) pukul 04.15 WAS. Perkiraan tiba di Tanah Air pukul 18.30 WIB.
"Kami berharap keluarga penjemput jemaah kloter 23 yang menunggu baik di bandara maupun di Asrama Haji kiranya bisa tertib dan mendoakan anggota keluarganya tiba dalam keadaan sehat wal afiat," imbuh Ferry.(22)

Sumber : www.sumeks.co.id

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda